Oftimis ekonomi indonesia ditahun 2017 akan jauh lebih baik

Perkembangan ekonomi Indonesia pada 2017 dipercaya semakin lebih baik apabila dibanding dgn th. ini. Tetapi untuk mencapai penambahan itu, pemerintah butuh lakukan usaha yang serius.

Tahun 2017 ini ekonomi kita diprediksikan masih tetap baik, artinya seberapa baik? Tentunya masihlah tambah baik dari pada th. ini, ” kata Menteri Koordinator Bagian Perekonomian (Menko Ekonomi) Darmin Nasution waktu penutupan perdagangan Bursa Dampak Indonesia (BEI) di Jakarta tempo hari

Darmin menyampaikan, pemerintah bakal lakukan usaha supaya ekonomi Indonesia tak dipengaruhi oleh keadaan ekonomi global yang condong lamban walau hal semacam itu tak gampang. Satu diantaranya berkaitan dgn inflasi. “Memang inflasi kita ada tantangan. Inflasi ada tantangan terlebih di administer price bakal ada kenaikan gitu ya. Namun itu masihlah dapat kita kontrol lantaran volatile food dapat kita kontrol, ” tuturnya.

Di segi lain Darmin juga mengapresiasi perkembangan indeks yang meraih dua digit di BEI. Walau sekarang ini keadaan perekonomian dunia tengah ada pada keadaan yg tidak tentu, Indonesia dapat mencatatkan penambahan yang cukup baik. “Saya rasa apa yang kita raih pada th. ini, di waktu kondisi ekonomi dunia yang penuh dgn surprise serta membuat kecemasan di beberapa belahan dunia, pantas kita banggakan dgn capaian kenaikan 15, 32%, ” tuturnya.

Menurut bekas Gubernur Bank Indonesia itu, kenaikan indeks itu adalah nomer dua paling tinggi dalam pasar modal di lokasi regional Asia- Pasifik. Bahkan juga gerakan IHSG ini jadi peringkat pertama diantara negara-negara berkembang (emerging countries). “Kenaikan IHSG sebesar 15% itu mesti kita banggakan lantaran capaian ini adalah nomer dua di Asia-Pasifik serta nomer satu diantara emerging countries, ” paparnya.

Diluar itu, lanjut dia, pasar modal di Tanah Air sudah mencapai pencapaian yang memuaskan dalam pasar surat utang. Pasalnya untuk pertama kalinya surat utang korporasi jumlah kapitalisasinya meraih angka Rp113 triliun. Mengenai Surat Utang Negara (SUN) juga tembus di angka Rp470 triliun. “Hal ini tunjukkan kalau pasar modal kita tidak cuma telah mensupport pembiayaan korporasi, namun juga pemerintahan serta negara, ” katanya. Walau sekian dianya memberi catatan sendiri untuk BEI lantaran cuma sukses menggaet investor baru sejumlah 16 perusahaan untuk melantai di bursa selama 2016.

Darmin bakal jadikan hal semacam ini sebagai pekerjaan tempat tinggal untuk BEI untuk selekasnya diperbaiki di th. 2017. “Menurut catatan saya jumlah perusahaan yang telah IPO sejumlah 16 perusahaan, ini terang yang terendah dalam tujuh th. paling akhir, ” tandas Darmin.

Disamping itu Direktur Paling utama BEI Tito Sulistio menerangkan selama 2016 dana yang sukses dikumpulkan lewat pasar modal Indonesia meraih Rp668 triliun.

Capaian itu adalah yang paling tinggi selama histori pasar modal di Indonesia. “Dana yang dikumpulkan dari pasar modal th. ini meraih Rp668 triliun baik dari IPO, rights issue (penerbitan saham baru) ataupun obligasi, ” kata Tito. Berdasar pada catatan BEI, hingga dgn penutupan perdagangan Kamis (29/12), rata-rata nilai transaksi harian alami penambahan sebesar 30, 03% apabila dibanding dgn 2015. Mengenai rata-rata frekwensi transaksi harian tumbuh 18, 91%. Untuk rata-rata volume transaksi harian naik 31, 36% serta kapitalisasi pasar bertambah 18, 18%. “Memang Trump effect serta perlambatan ekonomi dunia mengganggu perekonomian kita, namun pasar modal kita tetaplah kokoh, ” sebut Tito.

IHSG Tembus Level 5.296

 Indeks Harga Saham Paduan (IHSG) di Bursa Dampak Indonesia pada perdagangan akhir th. 2016 tempo hari ditutup turun tidak tebal sebesar 5, 85 poin bersamaan dgn tindakan ambillah untung oleh beberapa investor. IHSG BEI turun tidak tebal sebesar 5, 85 poin atau 0, 11% jadi 5. 296, 71 poin.

“IHSG ditutup pada ruang negatif dgn volume yang condong moderat. Tindakan ambillah untung tampak di beberapa besar saham yang sudah alami penguatan penting, ” tutur analis Reliance Securities Lanjar Nafi. Lanjar menyampaikan, indeks saham bidang konsumer jadi satu diantara penyebab penekan IHSG BEI pada akhir th. ini.

Tetapi menurut dia, dengan cara tahunan kemampuan IHSG alami penguatan sebesar 15, 32% pada 2016, meniadakan kerugian pada th. terlebih dulu yang minus sebesar 12, 13%. Aliran dana asing yang masuk ke pasar modal selama th. 2016 ini terdaftar sebesar Rp16, 3 triliun, tambah baik dari th. terlebih dulu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s