Ketahui Jenis Lembaga keuangan Bukan Bank (LKBB)

Instansi Keuangan Bukan-Bank (LKBB) – Koperasi Taruh Pinjam/Koperasi Credit, Perusahaan Umum Pegadaian/Perum Pegadaian, Perusahaan Asuransi, Instansi Dana Pensiun, Instansi Pembiayaan serta Bursa Dampak. Terkecuali bank, masihlah terdapat banyak Lembaga keuangan bukan bank (LKBB). Instansi Keuangan Bukanlah Bank yaitu tubuh usaha yang lakukan aktivitas dalam bagian keuangan yang dengan cara segera atau tak segera mengumpulkan dana dari orang-orang serta menyalurkannya kembali pada orang-orang.

Basic hukum didirikannya Instansi Keuangan Bukanlah Bank/LKBB yaitu surat Ketentuan Menteri Keuangan No. 38/KMK/IV/I/1972 yang lalu dirubah dengan Ketentuan Menteri Kuangan 280/KMK. 01/1989 tentang pengawasan serta pembinaan instansi keuangan bukanlah bank serta ketentuan perudang-undangan lain yang terkait dengan usaha yang digerakkan.

lembaga keuangan bukan bank
Sebagian Instansi Keuangan Bukanlah Bank/LKBB di Indonesia yaitu seperti berikut.

1. Koperasi Taruh Pinjam/Koperasi Credit

Koperasi credit yaitu satu instansi keuangan berupa koperasi yang usahanya di bagian perkreditan atau taruh pinjam dengan maksud menolong melakukan perbaikan kondisi ekonomi serta kesejahteraan anggotanya. Aktivitas koperasi credit yakni terima simpanan dari anggotanya serta meminjamkan pada anggota yang memerlukan dengan prasyarat yang gampang serta bunga enteng.

Koperasi credit memiliki manfaat seperti berikut.
a. Sebagai pendorong aktivitas menabung di kelompok anggota.
b. Sebagai instansi yang melayani anggota yang memerlukan utang.
c. Menuntun anggota dalam memakai utang/credit.
d. Menolong anggota dari cengkeraman lintah darat.

Dalam menggerakkan usahanya, koperasi credit memperolah dana atau modalnya dari sebagian sumber, yakni seperti berikut.
a. Simpanan pokok
Simpanan pokok yaitu beberapa duit yang perlu dibayar oleh anggota pada koperasi ketika masuk jadi anggota koperasi, yang besarnya sama untuk setiap anggota.
b. Simpanan wajib
Simpanan harus yaitu simpanan yang harus dibayar oleh anggota pada koperasi dengan cara teratur yang besarnya sama untuk setiap anggota. Pembayaran teratur disini dapat tiap-tiap minggu, tiap-tiap bln., atau tiap-tiap musim sesuai sama biaya basic serta biaya rumah tangga koperasi.
c. Simpanan sukai rela
Simpanan suka-rela yaitu simpanan yang sifatnya suka-rela, berarti tak diharuskan pada anggota koperasi, hingga anggota koperasi bisa menaruh bisa tak. Besarnya simpanan suka-rela tak ditetapkan serta terserah anggota yang berkaitan.
d. Sumber lain yang sah
Sumber lain pendanaan serta permodalan koperasi bisa datang dari pertolongan pemerintah, hibah, dana cadangan koperasi, serta modal utang dari pihak lain.

2. Perusahaan Umum Pegadaian/Perum Pegadaian

Perum Pegadaian adalah perusahaan umum punya pemerintah yang kegiatannya memberi utang duit yang besarnya berdasar pada nilai barang jaminan yang diserahkan. Jaminan itu dapat berbentuk barang bergerak, seperti perhiasan (emas serta perak), beberapa barang elektronik, sepeda motor, mobil, dan sebagainya ataupun tak bergerak, misalnya tanah serta bangunan. Perum Pegadaian ada di tiap-tiap kota di Indonesia.

Maksud pemerintah mengadakan Perum Pegadaian yakni untuk menolong rakyat kecil dengan memberi credit/utang supaya terlepas dari creditor liar (lintah darat) yang meminjamkan duit dengan bunga begitu tinggi. Periode waktu utang lewat pegadaian umumnya sepanjang setahun atau kurang dari setahun.

3. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah instansi yang mengumpulkan dana lewat penarikan premi asuransi serta menjanjikan bakal berikan beberapa ubah rugi jika berlangsung satu momen atau musibah yang menerpa pihak yang turut program asuransi. Dana yang dikumpulkan perusahaan asuransi biasanya diinvestasikan dalam surat bernilai atau dipinjamkan pada pihak lain.

Aktivitas perasuransian di Indonesia ditata dengan Undang-Undang Nomer 2 Th. 1992. Sebagian contoh perusahaan asuransi di Indonesia diantaranya :
a. Asuransi Bumi Putra d. Asuransi Sosial Tenaga Kerja
b. Asuransi Jiwasraya e. Asuransi Kesehatan Indonesia
c. Asuransi Kerugian Layanan Raharja

Saat ini sangat banyak bermunculan perusahaan asuransi yang tawarkan bermacam jaminan untuk nasabahnya hingga disebutkan perusahaan asuransi mempunyai fungsi yang utama, diantaranya :
a. memberi lapangan kerja untuk orang-orang
b. kurangi kecemasan dalam kehidupan orang-orang
c. kurangi kerugian yang dijamin orang-orang
d. membuat lancar aktivitas ekonomi orang-orang.

4. Instansi Dana Pensiun

Di Indonesia, beberapa pegawai negeri sipil sesudah tak bertugas/purnatugas bakal peroleh dana pensiun. Dana pensiun ini didapat dari pemotongan upah pegawai tiap-tiap bln. sepanjang masihlah aktif bekerja. Saat pegawai negeri yang berkaitan sudah pensiun, jadi tiap-tiap bln. ia bakal peroleh duit pensiun. Instansi yang mengelola dana pensiun yaitu PT Taspen.

Jadi PT Taspen mengumpulkan dana dari beberapa pegawai serta menyalurkanya dengan memberi duit pensiun pada beberapa pegawai yang sudah pensiun. Diluar itu juga disalurkan lewat pembelian credit atau diinvestasikan melalui pemberian surat bernilai.

5. Instansi Pembiayaan

Instansi pembiayaan adalah tubuh usaha yang lakukan aktivitas pembiayaan berbentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tak menarik dana segera dari orang-orang.

Instansi pembiayaan bergerak dalam sebagian bagian usaha tersebut.
a. Usaha sewa manfaat usaha/leasing company, yakni tubuh usaha yang lakukan pembiayaan berbentuk penyediaan barang modal yang diperlukan oleh nasabah.
b. Usaha pembiayaan customer, yakni tubuh usaha yang lakukan usaha pembiayaan pengadaan barang untuk keperluan customer dengan system pembayaran cicilan atau berkala.
c. Usaha kartu credit, yaitu tubuh usaha yang lakukan usaha pembiayaan untuk beli barang serta layanan dengan memakai kartu credit.
d. Usaha penyertaan modal/modal ventura, yaitu satu usaha yang lakukan aktivitas pembiayaan berbentuk penyertaan modal dalam satu perusahaan yang terima pertolongan pembiayaan untuk periode waktu spesifik.

6. Bursa Efek

Bursa dampak adalah tempat berjumpanya pihak yang tawarkan dengan pihak yang membutuhkan dana serta tempat jual beli dampak (obligasi, saham, serta surat bernilai). Maksud didirikannya bursa dampak yaitu untuk mengumpulkan dana melalui penjualan surat bernilai/dampak manfaat membiayai bebrapa aktivitas yang produktif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s