Tips Agar Tetap Berinvestasi Dengan Keuangan Yang Menipis.

Tentu setujua ya, jika melakukan investasi adalah suatu cara yang bisa di lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Bukan hanya berdagang saja yang bisa mendapatkan keuntungan, namun Anda bisa melakukan investasi ini untuk bisa mendapatkan pundi- pundi uang yang tentunya menguntungkan. Dalam memutuskan dan melakukan sesuatu tentu ada keuntungan dan kekurangan yang di pertimbangkan. Memutuskan untuk berinvestasi juga terdapat kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari berinvestasi tentunya adalah mendapatkan keuntungan dan bisa menyiapkan kebutuhan di masa depan.

Namun selain kelebihan ada pula kekurangannya yaitu terdapat juga resiko yaitu mengalami kerugian. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan melakukan investasi, setiap orang yang melakukan investasi tentu berharap untuk bisa memperoleh keuntungan. Keuntungan yang di peroleh dari investasi biasanya adalah dari hasil yang emiten dapatkan. Jadi, investasi adalah suatu kegiatan yang di lakukan dengan cara menyertakan dana atau modal dan berharap mendapatkan keuntungan dari hasil yang di peroleh oleh perusahaan karena usahanya berkembang atas tambahan modal dari investor. Antara investor dan emiten sama- sama di untungkan dengan adanya investasi ini. Jika seorang investor di untungkan karena akan mendapat keuntungan dari hasil atau laba yang di peroleh emiten. Sedangkan emiten dapat mengembangkan usaha atau bisnisnya sehingga semakin berkembang dan tentu juga mendapatkan hasil yang maksimal pula.

Membahas mengenai investasi, banyak yang beranggapan bahwa untuk bisa melakukan investasi harus lah mempunyai dana atau modal yang besar. Padahal sebenarnya tidak harus dengan modal yang besar untuk bisa melakukan investasi. Hanya dengan uang Rp 100.000 saja Anda sudah bisa melakukan investasi. Kerena tidak semua jenis investasi mengharuskan Anda memiliki modal yang besar untuk berinvestasi. contohnya saja investasi reksa dana. sebelumnya kita sudah membahas mengenai produk- produk reksa dana yang memiliki harga murah dan perusahaan mana saja yang menyediakan produk- produk tersebut. Namun meskipun telah di ketahui bahwa dengan dana yang minim sudah bisa melakukan investasi, tidak semua orang bisa untuk melakukannya. Mengapa? Berinvestasi membutuhkan sikap disiplin dalam melakukannya.

Untuk mereka yang mempunyai penghasilan yang cukup besar maka bisa untuk mengeluarkan sedikit uang untuk berivestasi. Namun hal itu tidak terjadi bagi mereka yang hanya memiliki penghasilan yang pas- pasan. Memang, tidak harus dengan dana yang besar, namun tetap harus ada dananya bukan? Semakin banyak Anda menyertakan modal Anda maka semakin besar pula kemungkinan Anda mendapatkan keuntungan yang tinggi. Bukan hal yang mudah untuk bisa melakukan investasi dengan keadaan keuangan yang mepet. Akan tetapi, jangan kemudian Anda pasrah saja. Beikut kami berikan sedikit tips atau saran untuk bisa tetap melakukan investasi meskipun dengan kondisi keuangan yang terbatas. Selamat menyimak.

Sisakan Pendapatan.

investasi

Dalam melakuka investasi tidak membutuhkan modal yang besar, akan tetapi tetap harus ada modal yang harus Anda siapkan. Tips pertama yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa melakukan investasi adalah dengan menyisihkan sedikit penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya. Karena keadaan keuangan tidak terlalu aman untuk melakukan investasi, Anda bisa secara konsisten menyisihkan penghasilan Anda setiap bulannya. Tak perlu dalam jumlah yang benyak, cukup 10 hingga 20% saja dari penghasilan yang Anda peroleh itu sudah cukup. Presentase tersebut bukan lah jumlah yang besar dan sulit untuk Anda sisihkan. Misalnya saja penghasilan Anda setiap bulannya adalah Rp 3 juta maka Anda bisa menyisihkan sekitar Rp 600 ribu setiap bulannya untuk bisa melakukan investasi. Angka Rp 600 ribu sudah termasuk angka yang cukup besar jika di lakukan secara continue. Asalkan Anda disiplin dalam melakukannya maka hal ini sangat mudah untuk di lakukan.

Pilih Produk Investasi yang Tepat.

tips berinvestasi

Jika sebelumnya Anda sudah mulai menyishkan pendapatan setiap bulannya maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih dan menentukan produk investasi menguntungkan. Jika memang Anda hanya memiliki modal yang minim dalam melakukan investasi maka tak perlu di paksakan memilih produk investasi yang membutuhkan modal besar. seperti yang telah di sebutkan sebelumnya bahwa lebih baik Anda melakukan investasi dalam jumlah yang kecil daripada berinvestasi dalam jumlah besar namun tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Dalam memilih produk investasi ini Anda bisa sesuaikan dengan perhitungan Anda sebelumnya. Jika sebelumnya Anda sudah menentukan dan bisa menyisihkan pendapatan sekitar Rp 500 hingga Rp 600 ribu maka pilih produk investasi yang menjual produknya seharga tersebut. selain itu, pilih produk investasi yang memberikan Anda keuntungan besar dan minim resiko. Dan yang paling penting sebenarnya, Anda harus mengetahui bagaimana investasi tersebut di jalankan. Untuk produk investasi dengan harga yang murah, Anda bisa memilih produk- produk yang ada di reksa dana. Dalam produk reksa dana, ada yang menjualnya mulai dengan harga Rp 100 ribu.

Lakukan Sesuai Tujuan Berinvestasi.

tujuan berinvestasi

Apa tujuan utama dari melakukan investasi? Ya, tentu setiap orang melakukan investasi tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Namun, tentu Anda memiliki tujuan yang khusus dalam melakukan investasi ini. Misalnya saja Anda melakukan investasi ini untuk menyiapkan masa depan untuk anak. Maka tujuan tersebut bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk tetap semangat melakukan investasi ini. tujuan melakukan investas ini sangat penting untuk Anda tentukan karena ini juga mempengaruhi kelangsungan investasi Anda. Jika memang, tujuan investasi Anda adalah untuk masa depan maka Anda bisa melakukannya secara sabar karena hasilnya tidak di peroleh secara instant.

Pilih Emiten atau Perusahaan yang Tepat

emiten dalam berinvestasi

            Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk bisa melakukan investasi dan memperoleh keuntungan maksimal dengan dana yang minim adalah dengan memilih emiten atau perusahaan yang tepat. Mengapa hal ini penting? Karena perusahaan atau emiten yang berkinerja baik akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang Anda peroleh. Usahakan Anda memilih emiten yang profesional dan memiliki prospek yang baik. Jika Anda memilih emiten atau perusahaan yang akan Anda sertakan modalnya secara tepat maka kemungkinan Anda mengalami kerugian semakin kecil. Karena terkadang kerugian dalam berinvestasi akan menyebabkan orang melakukan investasi kembali alias putus asa. Apalagi jika modal atau dananya memang minim dan di ambil dari penghasilan. Jadi, pastikan Anda memilih emiten atau perusahaan yang memiliki prospek yang cerah untuk investasi yang Anda lakukan. Untuk mengetahuinya Anda bisa mencari informasi dengan  laporan keuangan dari perusahaan tersebut.

Melakukan investasi merupakan hal yang tidak salah untuk di lakukan. Anda tetap bisa melakukan investasi meskipun dana atau modal yang Anda miliki tidak banyak. Jadi, penghasilan yang pas- pasan tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk melakukan investasi. Asalkan Anda berusaha dan disiplin maka investasi tetap bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Iklan

One thought on “Tips Agar Tetap Berinvestasi Dengan Keuangan Yang Menipis.

  1. Ping-balik: Anda Bingung Memilih Antara Asuransi Dengan Investasi? – info seputar KTA dan peluang usaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s