ketahui plus minus investasi tanah dan investasi saham

Investasi saham maupun investasi tanah kedua-dua saling memiliki kelebihan dan kekurangan dan investasi terseut paling digemari terutam bagi mereka yang memiliki uang banyak. Bila kamu bertanya lebih baik mana dari kedua jenis investasi tersebut? jawabannya tergantung dari sudut pandang mana menilainya. Berikut ini saya akan berikan plus minus dari kedua investasi tersebut

Kelebihan investasi saham

investasi tanah

  1. Saham merupakan investasi yang sangat likuid artinya saham dapat disejajarkan dengan kas dan jenis aktiva lancar lainnya. Bila mana sewaktu waktu anda ingin mencairkan/jual saham tersebut dapat dilakukan dengan mudah.
  2. Saham memiliki tingkat pengembalian berkali-lipat.
  3. Anda tidak perlu kerja keras untuk mengontrol atau memantau peningkatan harga saham biarkan tangan tangan ahli yang menangani secara propersional. Kamu akan mendapatkan keuntungan sebagian dari deviden yang dibagikan.
  4. Tidak ada biaya perawatan atau biaya pajak selama kamu memiliki saham tersebut
  5. Berinvestasi saham tidak harus dengan modal yang besar dengan modal 3-5 juta anda bisa membeli saham reksa dana

Investasi tanah VS investasi saham

Kelemahan  Investasi saham

  1. Saham memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi. Bila memiliki tingkat keuntungan yang tinggi berarti akan berbanding lurus tingkat kerugian yang tinggi itu sudah rumus bisnis. Misalkan hari ini kamu membeli saham PT. XY dengan harga perlembarnya senilai Rp700 keesokan harinya bisa saja harga saham tersebut melorot hingga pada harga paling bawah Rp100. Sebaliknya harga saham tersebut  meningkat derastis akibat permintaan dan kepercayaan umum kepada perusahaan yang mengakibatkan meningkat hingga Rp1500 perlembarnya.
  2. Kehawatiran likuidasi. Saham yang anda beli dari perusahaan XY tadi bisa saja sewaktu waktu mengalami kebangkrutan yang pada akhirnya pengadilan tata niaga memutuskan perusahaan tersebut harus dihentikan. Artinya seluruh aset perusahaan akan dijual untuk membayar kewajiban perusahaan bila mana sisa dari penjualan aset tersebut akan dibagi secara propesional.

Kelebihan investasi tanah

investasi tanah

  1. Tanah merupakan aset yang paling berharga bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya dan tidak pernah disusutkan. Harga Tanah dari tahun ketahun bahkan bulan meningkat secara signfikan terutama letak tenah berada dikawasan strategis.  Rata rata kenaikan harga tanah setiap tahunnya 25% sampai dengan 35%  setiap tahun.
  2. Tidak perlu biaya perawatan atau biaya lainnya.
  3. Investasi tanah merupakan investasi aman karena tidak mengandung resiko atau kerugian akibat penurunan harga karena semakin hari yang ada semangkin meningkat
  4. Tidak berbeda dengan investasi saham investasi tanah juga tidak memerlukan biaya perawatan.

Lihat juga: Tips Investasi emas agar aman dan menguntungkan

Kelemahan berinvestasi tanah

Meski tanah merupakan aset dan investasi yang paling menguntungkan bukan berarti jenis investasi ini tidak memiliki kelemehan berikut diantaranya.

  1. Untuk berinvestasi tanah anda harus menyidiakan modal dalam jumlah yang banyak. Anda mungkin sudah mengerti pasaran tanah. Untuk harga permeter tanah tergantung kepada letak dan kondisi tanah tersebut, bila anda bermaksud investasi  dikawasan yang strategis berarti kamu harus menyediakan dana dalam skala besar, ibarat istilah orang sekarang unlimited.
  2. Tidak memiliki pemasukan rutin. bila anda tidak kelola tanah yang anda beli tadi tidak akan mendatangkan apa apa selain biaya menjaga tanah tersebut. sebaiknya jangan anda biarkan terbengkalai bisa dengan menyewakannya atau membangun gedung untuk rumah kontrakan tentu itu lebih produktive dari pada lahan tidur.
  3. Tidak likuid. Berbeda dengan jenis investasi saham, investasi tanah merupakan tidak likuid dipengaruhi tingginya harga tanah tersebut yang membuat tidak banyak yang mampu membelinya.

Itu sekedar perbandingan antara investasi tanah VS investasi saham silahkan pilih jenis investasi mana yang terbaik untuk anda. Untuk informasi lengkap tentang investasi tanah  silahkan klik cekkembali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s